Wednesday, April 3, 2013

jenuh bersikap manis


yah, kata jenuh selalu menghatui setiap manusia, walau tak semua orang mengalami titik puncak kejenuhan, dan setiap orang memiliki tingkat kejenuhan masing-masing, umumnya orang memiliki rutinitas terjadwal hampir setiap hari setiap minggu setiap tahun, bahkan telah ditandai dikalender atau juga telah membuat agenda selama sehari, seminggu sebulan atau bahkan setahun yang akan datang, namun saat rencana atau agenda yang telah dibuat gagal atau beberapa jadwal tidak berjalan sebagaimana rencana awalnya, kehidupannya menjadi berantakan, aku menakan orang ini dengan tipe prosedural murni, bahkan aku memiliki teman yang membuat daftar kegiatan dari mulai sehari seminggu dan sebulan, anehnya lagi buang airpun ada jadwalnya juga, kadang walau belum terasa dia paksakan keluar, dan jika satu saja rencananya atau agendanya gagal seakan dunia telah kiamat dan dia mudah sekali menjadi panik sendiri, kadang sampai capek juga aku menasehatinya, yah aku beberapa kali memiliki teman yang seperti ini sifatnya, ya walau agak susah juga memiliki teman seperti ini, yang jelas kita akan direpotkan dengan idealisme dia yang selalu saja berkata harus ini harus itu, namun dengan begitu kita sedikit terbantu dengan dia yang selalu mengikatkan ini itu, ya walau kadang terasa bawel, yang kedua limited prosedural, tipe ini menyusun jadwal harian namun secara garis besar saja atau yang menurut dia penting dan tidak boleh terlewatkan, sehingga dia harus membuat agendanya, misalnya jadwal kedokter, jadwal dateline tugas, kadang juga ada yang membuat agenda perjalanan atau traveling, yah memang orang tipe ini sudah agak tau diri dan tidak terlalu panik saat agendanya tidak sesuai rencana semula, setiap harinya mereka akan menyusun jadwal kegiatannya, kadang juga ada yang menyusun jadwal perjanjian atau pertemuan, juga jadwal kegiatan yang digemari atau hobi, yang jelas mereka akan mengagendakan kegiatan penting mereka perhari, tipe yang berikutnya semi prosedural, biasanya orang tipe ini hanya membawa buku agenda kosong, dan mengisinya setelah memperoleh acara khusus, misal mendapat jadwal meeting dengan klien, dia akan mencatat jam, tanggal dan tempat pertemuannya dibuku agenda atau paling tidak membuat memo dikalender, atau seorang yang harus membayar cicilan atau hutang, pasti akan mencatat hari jaatuh tenponya, orang tipe ini biasanya pelupa dan agak cuek, kegiatan sehari-hari tidak terlalu dipikirkan, hanya sambil lalu, yang terakhir non prosedural, tipe ini tipe yang paling cuek tak pernak merencanakan kegiatannya hari esok, bahkan kadang dia tidak tau mau melakukan apa hari ini, dan tak pernah ambil pusing, semboyannya biarkan berjalan apa adanya seperti air mengalir, namun biasanya orang tipe ini daya ingatnya kuat, namun etos kerjanya kurang, dan semua tipe itu pernah ku jalani, dan akhirnya aku bosan dengan semua itu, dan aku juga bosan bersikap manis didepan kalian semua, hatiku selalu berkecamuk, aku harus bersikap yang hati dan pikiranku sendiri menentangnya, kini ku telah sampai pada puncaknya, aku hanya ingin bebas menentukan pilihan dan sikap, aku juga manusia yang bisa berpikir mana yang baik mana yang buruk, dan yang paling penting tidak merugikan orang lain atau baiknya membantu orang lain, namun kenapa aku harus terkekang kalian memaksaku bersikap seperti ini dan itu harus gini dan gitu, idealisme kalian paksakan, apa kalian pernah berpikir bagaimana perasaanku, bagaimana aku menjalani hidup, bagaimana keinginanku apa kalian pernah memikirkannya, atau aku hanya sebuah alat dimata kalian, apa aku salah jika menginginkan sebuah kebebasan memiliki dan memilih idealisme sendiri? apa kalian tuhan dan berhak menentukan sikap, pilihan dan idealisme seseorang

No comments:

Post a Comment