Sunday, April 7, 2013

TIPS PEMAKAIAN LAPTOP YANG BAIK DAN BENAR



TIPS PEMAKAIAN LAPTOP

1. Laptop bukan PC artinya jangan perlakukan laptop seperti PC (diforsir berjam-jam, diforsir game atau aplikasi berat) PC yang rusak bisa diganti per modul, lain halnya dengan laptop. Karena ketersediaan komponen/sparepart laptop sering menjadi kendala utama nyervis laptop. Sering hanya kanibal yang dapat diandalkan. Untuk merk tertentu (Dell, Lenovo, Fujitsu, Vaio) kadang terasa mustahil mendapatkan komponen walaupun sudah mengontak teman di Jokja, Jakarta, Surabaya dll

2. Komponen elektronik dan desain laptop jauh lebih kecil dari PC sehingga akan lebih cepat panas. Makin kecil dan tipis desain/fisik laptop makin rentan dengan kerusakan atau kematian dini. Panas yang berlebih terus menerus akan mengorbankan umur komponen elektronik. Semakin dingin suhu laptop akan memperpanjang umur elektronik laptop.

3. Makin besar dan kencang VGA laptop makin rawan dengan kerusakan. 90% kerusakan laptop berawal dari VGA/Chipset yang terlalu panas dan berlangsung lama/terus menerus. Tandanya biasanya tampilan nggaris atau restart terus atau hang / freezing. Bila diraba terasa panas yang berlebih.

4. Pastikan lubang udara di bawah atau samping laptop selalu mendapat aliran udara yang lancar karena ini adalah desain dari para engineer untuk proses pendinginan laptop.

5. Jangan tancepin adaptor terlalu lama. Maksimal 5-8 jam karena arus listrik yang terus menerus akan merusak umur batre (gembung, drop). Umur adaptor juga akan berkurang. IC charging dan power laptop juga akan makin rentan terkena tegangan abnormal.

6. Laptop bukan PC maka biasakan memasang batre ketika laptop digunakan. Tanpa batre, listrik yang naik turun tiba-tiba akan langsung masuk ke laptop. Batre yang disimpan terlalu lama tanpa digunakan juga akan bermasalah (drop,matot) Setel LCD paling gelap, matikan wifi/bluetooth untuk menghemat batre.

7. Gunakan keyboard skin untuk melindungi dari debu, rambut, serpihan kecil dan percikan ludah yang masuk ke keyboard tanpa disadari. Jangan percaya keyboard skin menghalangi panas laptop keluar. Pengeluaran panas tidak lewat keyboard yang berisi jalur karbon yang justru lebih cepat rusak bila terkena panas. Terkecuali pada netbook yang menggunakan keyboard untuk sarana pendingin makanya keyboard netbook lebih rentan rusak.

8. Jangan mengelap laptop dengan cairan sembarangan. Gunakan saja tisu yang dibasahi sedikit air. Untuk LCD gunakan screen guard dan hati-hati karena rawan pecah dan goresan.

9. Apabila lampu hardisk terlalu sering menyala dan terasa lambat itu artinya kekurangan memory atau terlalu bayak driver dan software yang loading di taskbar sebelah tanggal. Jika dibiarkan akan memakan umur hardisk. Idealnya RAM minimal 1 gigabyte untuk berbagai versi Windows.

10. Mencabut Flashdisk tiba-tiba tidak akan merusak USB port. Yang kadang akan rusak justru Flashdisk/USB peripheral. Cabut bila tidak digunakan untuk menghemat batre.

11. Menyetel audio dengan volume maksimal akan menyedot kapasitas batre. IC sound juga akan lebih cepat panas. Membran speaker juga lebih cepat sobek.

12. LCD tidak berisi cairan tetapi hanya lembaran gel seperti agar-agar. Biasanya berbau seperti cuka bila rusak atau habis usia pemakaian.

13. Windows7 jauh lebih sempurna dari versi windows sebelumnya dalam hal manajemen daya/hardware sehingga membuat mesin lebih awet dan stabil. Walaupun banyak bug juga dalam Windows7. Idealnya install ulang windows 6 bulan sekali. Jangan defrag terlalu sering, cukup 1 bulan sekali.

14. Last but not least semua komponen elektronik ada umurnya. Bahasa kerennya MTBF(Mean Time Before Failure). Batre dari 100% baru akan turun kapasitasnya setelah 3-6 bulan walaupun cuma disimpan. LCD/LED biasanya berumur 3-4 tahun. Kehati-hatian dan ketelitian akan memperpanjang usia komponen.

3 comments: